Dhabtul Qur’an Learning merupakan lembaga yang bernaung dibawah Yayasan Dhaabitul Qur’an Indonesia. Dhabtul Qur’an Learning berjuang memberantas buta huruf al-qur’an bagi ummat islam di indonesia. Nama dhabtul qur’an learning berasal dari “Dhabatha” yang memliliki arti “teliti”. Dhabtun artinya ketelitian, yang dimaksud adalah bahwa islam mendidik dan malatih ummatnya untuk menjadi manusia yang teliti dalam segala aspek hidupnya. Sebagaimana ia harus teliti ketika membaca al-qur’an dalam kesehariannya.

Maka dari itu selamat datang di komunitas pembelajar al-qur’an bersama DQL, dengan kekuatan pondasi sebagai berikut:

  1. Komitmen Kami : DQL berkomitmen membantu masyarakat belajar membaca al-qur’an dengan baik dan benar, mulai dari nol hingga tingkat mahir untuk usia dini sampai senior/lansia.
  2. Metode yang ter Integrasi : untuk kemudahan proses belajar al-qur’an, DQL memadukan metode klasik dan kontemporer.
  3. Modul yang sistematis : peserta dibekali dengan buku panduan yang mudah, praktis dan sistematis yang khusus disusun per tingkat / level
  4. Berorientasi kepada Kualitas : kualitas pembelajaran adalah prioritas utama DQL, maka dari itu sangat diperlukan kerjasama yang baik antara DQL, guru dan orang tua dalam membantu peserta mencapat target yang sudah ditentukan.
  1. VISI

Membantu ummat islam memiliki kemampuan membaca al-qur’an dengan baik dan benar, mampu memahami dan mengamalkan sehingga tumbuh cinta al-qur’an, sehingga menjadi manusia yang memiliki karakter dan mental qur’ani, melalui pembelajaran yang inovatif dan menarik serta menyenangkan untuk semua tingakatan usia.

2. MISI

  • Menyelenggarakan lembaga bimbingan al-qur’an untuk anak-anak, remaja, dewasa hingga lanjut usia
  • Mengembangkan kurikulum yang inovatif, menarik dan menyenangkan agar bisa diikuti untuk semua tingkatan usia
  • Menyelenggarakan event-event yang dapat menambah wawasan dan kecintaan kepada al-qur’an
  • Mencetak guru-guru al-qur’an yang berkhualitas dengan selalu berupaya meningkatkan kapabilitas guru secara berkala
  • Melaksanakan pembelajaran yang aktif, kreatif, efektif, inovatif dan menyenangkan.
  • Meningkatkan mutu pengelolaan dan pelayanan prima kepada peserta bimbingan atau mitra yang bekerja sama dengan dhabtul qur’an learning

Sistem pembelajaran memiliki peran yang sangat penting dan krusial dalam penguasan materi. Dalam dunia bimbingan al-qur’an, ada dua cara mengajarkan al-qur’an yang merupakan warisan para ulama dari generasi ke generasi.

  1. Talqin : guru mencontohkan bacaan yang benar dan kemudian murid mengikuti contoh bacan guru.
  2. Talaqqi : murid membaca di hadapan gurunya, sang guru mendengar dengan seksama lalu mengoreksi bacaan murid apabila terdapat kesalahan dalam membaca.

Sistem pembelajaran di lembaga Dhabtul Qur’an Learning adalah dengan menggabungkan dua sistem tersebut. Peserta dapat mengetaui bacaan yang benar melalui contoh dari guru dn kemudian mengecek bacaannya di hadapan guru. Dengan demikian, hasil yang dicapai oleh peserta didik bisa maksimal.