ذَٰلِكَ الْكِتَابُ لَا رَيْبَ ۛ فِيهِ ۛ هُدًى لِلْمُتَّقِينَ

| Kitab Al Quran ini tidak ada keraguan padanya, petunjuk bagi mereka yang bertakwa | Al Baqarah ayat 2

huruf huruf ini merupakan isyarat untuk mengingatkan bahwa kitab Al Quran ini tersusun dari huruf huruf semacam ini, yang sudah dikenal di kalangan orang orang arab yang dituruni firman ini, namun demikian ia merupakan kitab mukjizat sehingga mereka tidak dapat menyusun huruf huruf itu menjadi seperti Al Quran, sebuah kitab yang berkali kali menantang mereka untuk membuat yang sepertinya, atau sepuluh surah yang sepertinya atau satu surahh saja yang sepertinya, namun mereka tidak mampu menjawab tantangan ini.

penyusunan Al quran dari huruf huruf ini merupakan contoh penciptaan Alloh terhadap segala sesuatu dan terhadap manusia juga. demikian pulalah Al Quran yang tersusun dari huruf huruf dan kata kata yang dengan huruf huruf dan kata kata ini manusia dapat menyusun perkataan dan puisi. sedangkan huruf huruf dan kata kata ini,Alloh menciptakan Al Quran, kitab pembeda antara yang hak dan batil. perbedaan antara apa yanf diciptakan manusia dan yang diciptakan Alloh dari huruf huruf dan kata kata ini adalah seperti perbedaan antara tubuh kasar yang mati dengan roh yang terus berdenyut dan bergerak, dan itulah perbedaan antara gambaran kehidupan dengan hakikat kehidupan.

bagi orang orang bertakwa ketakwaan dalam hati itulah yang menjadikan yang bersangkutan layak mendapatkan manfaat kitab ini. ketakwaan yang membuka kunci kunci hatil, hingga kitab itu dapat masuk kedalamnya dan memainkan peranannya disana. ketakwaan yang menjadikan hati ini tanggap, mau menerima dan menyambut kitab suci itu.

diriwayatkan dari Umar Ibnu Khattab r.a pernah bertanya kepada ubay bin ka’ab tentang takwa, lalu Ubay menjawab sambil bertanya. “Pernahkah engkau melewati jalan yang penuh duri? Umar menjawab “pernah” Ubay bertanya lagi ” apakah gerangan yang engkau lakukan?” Umar menjawab ” Aku berhati hati dan berupaya menghindarinya” Ubay berkata ” itulah Takwa