وَبَشِّرِ الَّذِينَ آمَنُوا وَعَمِلُوا الصَّالِحَاتِ أَنَّ لَهُمْ جَنَّاتٍ تَجْرِي مِنْ تَحْتِهَا الْأَنْهَارُ ۖ كُلَّمَا رُزِقُوا مِنْهَا مِنْ ثَمَرَةٍ رِزْقًا ۙ قَالُوا هَٰذَا الَّذِي رُزِقْنَا مِنْ قَبْلُ ۖ وَأُتُوا بِهِ مُتَشَابِهًا ۖ وَلَهُمْ فِيهَا أَزْوَاجٌ مُطَهَّرَةٌ ۖ وَهُمْ فِيهَا خَالِدُونَ

|Dan sampaikanlah berita gembira kepada mereka yang beriman dan berbuat baik, bahwa bagi mereka disediakan surga surga yang mengalir sungai sungai didalamnya, setiap mereka diberikan rezeki buah buahan dalam surga surga itu, mereka mengatakan, ” Inilah yang pernah diberikan kepada kami dahulu,” mereka diberi buah buahan yang serupa dan untuk mereka didalamnya ada istri-istri yang suci dan mereka kekal didalamnya| Al Baqarah 25

Inilah bermacam macam nikmat yang menarik pandangan, disamping istri istri yang suci, yang berupa buah buahan yang serupa, yang terbayangkan oleh mereka bahwa mereka pernah mendapatkanya sebelum itu. akan tetapi didalam keserupaan lahir dan beraneka macam bagian dalamnya. setiap kali terdapat perbedaan yang mengejutkan. hal ini menggambarkan suasana yang manis, kepuasan hati dan buah buahan yang indahyang selalu dihidangkan dengan mengejutkan dan setiap kali keserupaan bentuk lahirnya mengungkapkan sesuatu yang baru.

Keserupaan bentuk dan keanekamacaman perbedaanya, merupakan pertanda yang jelas tentang penciptaan Sang Maha Pencipta, yang menjadikan apa yang wujud ini hakikatnya lebih besar daripada yang tampak. dan, untuk ini dapatlah kita menjadikan manusia sebagai contoh untuk mengungkapkan hakikat besar ini. manusia seluruhnya adalah manusia, yang dari segi bentuknya terdiri dari kepala, tubuh dan anggota badan daging, darah, tulang dan urat urat saraf dua mata, dua telinga, mulut, lidah sel sel kehidupan, semua tersusun serupa dalam bentuk dan materinya. akan tetapi, sejauh mana sifat-sifatnya dan wataknya? sejauh mana karakter dan persiapan persiapannya? perbedaan seseorang dan orang lain meskipun serupa wujud lahirnya kadang kadang lebih jauh daripada bumi dan langit. demikianlah keanekaragaman ciptaan Alloh yang begitu besar dan memusingkan kepala, keanekaragaman macam dan jenisnya, keanekaragaman bentuk dan cirinya, keanekaragaman tanda dan sifatnya dan lain lainnya yang semuanya kembali kepada sebuah sel yang serupa bentuk dan susunannya.

Maka, siapakah gerangan yang menyembah kepada Alloh yang Maha Esa saja yang demikian bekas bekas ciptaan Nya dan tanda tanda kekuasaan Nya? dan siapa pula gerangan yang menjadikan sekutu sekutu bagi Alloh, padahal tangan mukjizat demikian jelas bekas bekasnya baik pada sesuatu yang dapat dicapai penglihatan maupun yang tidak dicapai penglihatan?