كَيْفَ تَكْفُرُونَ بِاللَّهِ وَكُنتُمْ أَمْوَاتاً فَأَحْيَاكُمْ ثُمَّ يُمِيتُكُمْ ثُمَّ يُحْيِيكُمْ ثُمَّ إِلَيْهِ تُرْجَعُونَ

هُوَ الَّذِي خَلَقَ لَكُم مَّا فِي الأَرْضِ جَمِيعاً ثُمَّ اسْتَوَى إِلَى السَّمَاء فَسَوَّاهُنَّ سَبْعَ سَمَاوَاتٍ وَهُوَ بِكُلِّ شَيْءٍ عَلِيمٌ

“Mengapa kamu kafir kepada Allah, padahal kamu tadinya mati, lalu Allah menghidupkan kamu, kemudian kamu dimatikan dan dihidupkan-Nya kembali, kemudian kepadaNya-lah kamu dikembalikan?”

“Dia-lah Allah, yang menjadikan segala yang ada di bumi untuk kamu dan Dia berkehendak (menciptakan) langit, lalu dijadikanNya tujuh  langit. Dan Dia Maha Mengetahui segala sesuatu.”

“Ingatlah ketika Tuhanmu berfirman kepada para Malaikat: “Sesungguhnya Aku hendak menjadikan seorang khalifah di muka bumi.” Mereka berkata: “Mengapa Engkau hendak menjadikan (khalifah) di bumi itu orang yang akan membuat kerusakan padanya dan menumpahkan darah, padahal kami senantiasa bertasbih dengan memuji Engkau dan mensucikan Engkau?” Tuhan berfirman: “Sesungguhnya Aku mengetahui apa yang tidak kamu ketahui.”

|Al-Baqarah Ayat 28-30

kekufuran kepada Alloh dihadapan bukti bukti dan nikmat nikmat ini merupakan kekufuran yang amat buruk,  yang lepas sama sekali dari sandaran. dan Al Quran menghadapi manusia dengan sesuatu yang pasti mereka hadapi, mereka akui, dan mereka terima keputusannya. dihadapinya mereka dengan menyebutkan konvoi kehidupan mereka dan perkembangan wujud mereka. mereka dahulu mati lalu dihidupkan oleh Alloh. mereka dalam keadaan mati lalu dipindahkan kepada kondisi yang hidup, dan tidak ada tempat lari dari kenyataan yang tidak dapat ditafsirkan kecuali dengan kekuasaan Sang Pencipta.

mereka hidup, pada mereka terdapat kehidupan, maka, siapakah gerangan yang telah menciptakan kehidupan bagi mereka ini? siapakah gerangan yang mewujudkan fenomena ini baru atas segala benda padat dan mati dimuka bumi ini? tabiat kehidupan merupakan sesuatu  yang lain yang berbeda dengan tabiat kematian yang ada pada benda benda. nah darimanakah gerangan datangnya tabiat kehidupan itu? sesungguhnya, tidak ada gunanya lari dari pertanyaan yang terus mengelitik akal dan jiwa ini, dan tidak ada jalan untuk mempersoalkan kedatanganya tanpa kodrat sang Pencipta yang memiliki tabiat yang berbeda dengan tabiat makhluk. darimanakah kehidupan yang berlaku di bumi ini dengan perjalanan yang berbeda dari benda benda mati?

kehidupan itu datangnya dari Alloh. inilah jawaban yang paling dekat. demikianlah, dalam sebuah ayat yang pendek direkam serta dicatat semua kehidupan, dan dibeberkan dibawah sinar lukisan manusia di dalam genggaman sang Maha Pencipta yang dikembangkanNya dari benda mati pada mulanya, kemudian digenggam dengan tangan kematian yang pertama, lalu dihidupkan kembali pada kali lain, dan kepadaNyalah tempat kembalinya di akhirat, sebagaimana mereka dahulu diciptakan pada mulanya