Jika Anda Memohon , Memohonlah Kepada Alloh

kebaikan Alloh sangatlah dekat. Dia Maha Mendengar Lagi Maha Mengabulkan doa. Kitalah yang banyak lalai. Sebenarnya, secara naluri kita sangat membutuhkan untuk selalu meminta dan berdoa kepada Nya, tidak boleh bosan dan tidak boleh jemu. Jangan sampai kita mengatakan, ” Saya sudah berdoa, sudah berdoa, tapi Alloh tidak mengabulkan.”

Tapi, Kita harus menempelkan wajah kita ke tanah, seraya berseru, ” Ya Dzal Jalali wal Ikram” kemudian kita mulai menyebut nama nama Alloh yang indah itu dan sifat sifatNya yang mulia hingga Alloh mengabulkan permintaan kita, atau memilihkan yang terbaik bagi kita.

|Berdoalah kepada Rabbmu dengan berendah diri dan suara yang lembut| Qs Al A’araf ayat 55

salah seorang dai menyebutkan dalam berbagai tulisannya bahwa ada seorang muslim bersama keluarganya pergi kesebuah negeri untuk meminta suaka politik (perlindungan politik). Dia meminta agar dirinya diberikan kewarganegaraean. Ternyata, semua pintu tertutup baginya. Dia berusaha dengan segala upayanya untuk mencari jalan, namun semua usahanya buntu dan jalan jalan tertutup. Kemudian dia bertemu seorang Alim dan Wara dan diceritakanlahnya keadaan yang sedang dialami itu. Orang Alim dan Wara tadi berkata. “Anda harus bangun pada sepertiga terakhir waktu malam, kemudian berdoalah kepada Rabb. sebab yang memberikan kegampangan itu hanya Alloh”

ini sesuai dengan hadits Rosulullah ” Jika engkau meminta maka mintalah kepada Alloh, jika engkau meminta pertolongan, maka mintalah pertolongan kepada Alloh. Ketahuilah bahwa jika semua manusia berkumpul untuk memberikan manfaat kepadamu dengan sesuatu mereka tidak akan mampu memberikan manfaat kepadamu dengan sesuautu, Kecuali yang telah Alloh tetapkan untukmu.”
Sumber: La Tahzan Halaman 450 – 451